Untuk Membuat Kamar Mandi Selalu Bersih Sehat Hindari 5 Hal ini

GreenClean.id – Kebersihan akan sangat erat kaitannya terhadap kesehatan fisik seseorang. Oleh karena itu banyak orang melakukan kegiatan kebersihan untuk menjaga kesehatan. Namun terkadang masih ada kekeliriuan atau kesalahan dalam menjaga kebersihan tersebut. Mungkin sebagian dari kita pernah melakukan hal-hal yang tidak sengaja ternyata merugikan kesehatan. Pada mulanya mungkin salah satu kegiatan tersebut ditujukan untuk kebersihan namun malah sebaliknya.

Untuk Membuat Kamar Mandi Selalu Bersih Sehat Hindari 5 Hal ini

Contoh mudahnya saja saat keluar kamar mandi tapi malah menambah kotor atau membawa kuman. Tentu saja ini akan membuat ruangan lain atau tempat lain menjadi ikut kotor juga kan. Nah jika kamu belum tau apa saja kesalahan tersebut kami akan berikan penjelasan. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan di kamar mandi dan cara memperbaikinya.

Terlalu Sering Menggunakan Sampo

Menurut para ahli kulit kepala menghasilkan minyak alami yang berfungsi sebagai kondisioner rambut. Namun, jika seseorang menggunakan terlalu banyak sampo, akibatnya minyak alami akan larut. Namun, jika pekerjaan Anda menyebabkan banyak kotoran menempel di tubuh atau minyak berlebih di kulit kepala maka diperbolehkan sampo. Sebaiknya hindari keramas jika rambut Anda tidak terlalu kotor. Namun, jika Anda terpaksa melakukannya, tidak apa-apa menghasilkan minyak rambut berlebih selama tidak berlebihan.

Menggunakan Spons Untuk Berbagai Keperluan

Mungkin banyak dari kita menggunakan satu spons untuk beberapa hal seperti membersihkan kamar mandi, cermin di kamar mandi, toilet dan bak mandi. Hal ini harus dihindari karena sama dengan memindahkan kuman dari satu tempat ke tempat lain. Cara mengatasinya adalah memastikan Anda memiliki beberapa spons untuk kegunaan yang berbeda. Selain itu, sering-seringlah membersihkan spons setelah digunakan.

Kesalahan Ketika Duduk di Toilet

Ternyata menurut standar buku kedokteran berjudul Bockus’s Gastroenterology, postur ideal untuk buang air besar adalah jongkok, dengan kedua paha tepat di depan perut. Sebuah studi dari Jepang juga setuju dengan hal ini dengan mengatakan bahwa partisipan yang jongkok saat buang air besar otot kaki mereka kurang tegang dan tekanan pada perut mereka lebih sedikit. Studi lain juga menyebutkan mereka yang jongkok saat buang air besar bisa buang air besar 79 detik lebih cepat dibandingkan mereka yang duduk. Untunglah masih banyak masyarakat Indonesia yang buang air besar dengan cara jongkok. Gunakan toilet khusus untuk jongkok, kecuali di rumah Anda ada orang tua lansia yang kesulitan buang air besar menggunakan toilet jongkok.

Menggunakan Tisu Setelah Buang Air

Orang-orang di Barat sering terbiasa menggunakan metode Wipe. Cara ini yang terkadang menyebabkan iritasi dan rasa tidak nyaman di pantat. Sebaiknya basuh dengan air atau gunakan tisu basah yang bisa langsung dibuang supaya pantat terasa nyaman dan tidak meradang. Sebaiknya selalu siapkan tisu basah di kamar mandi. Wadah air atau selang air yang biasanya terdapat di toilet set. Atau selalu bawa tisu basah kemanapun Anda pergi jika Anda akan buang air besar di tempat lain.

Menggunakan Bahan Kimia Untuk Membersihkan

Untuk membunuh bakteri penyebab infeksi dan penyakit, biasanya kita menggunakan bahan kimia untuk mengeringkan bak mandi dan menyikat lantai kamar mandi. Namun, ternyata sejumlah produk pembersih justru berbahaya bagi kesehatan yang menggunakannya. Hindari menggunakan bahan kimia, coba buat pembersih sendiri dengan menggunakan buah-buahan. Misalkan anggur yang dibelah dua yang dicampur garam adalah pembersih bak yang efektif. Sementara setengah lemon juga akan menghilangkan noda air dari bak. Aromanya tentu lebih menyegarkan dan akan lebih sehat untuk tubuh anda.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *