Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Membersihkan Rumah Secara Rutin

Jasa Poles Marmer Jakarta – Selain bikin tidak nyaman, ada ancaman bahaya debu bagi kesehatan manusia jika dibiarkan sendiri di rumah. Debu dapat mengandung racun seperti pestisida, polychlorinated biphenils (PCB) hingga polycyclic aromatic hydrocabos (PAH). Dan biasanya debu tersebut terkandung di dalam rumah. semua itu sudah dikatakan oleh ahlinya yaitu Andrea Ferro selaku Profesor Ilmu Lingkungan di Universitas Clarkson, AS. Apakah itu semuanya? Tidak juga. Ada bakteri dan virus yang juga ditularkan ke debu. Hmm, serem banget kan?

Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Membersihkan Rumah Secara Rutin

Bahaya Debu bagi Kesehatan

Berbagai zat berbahaya yang terkandung di dalam debu dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti:

  • Alergi
  • Nyeri pernapasan
  • Mata gatal
  • Batuk
  • Masuk angin dan bahkan gangguan saraf.

Melihat parahnya penyakit yang bisa ditimbulkan oleh debu, kita tidak boleh menyepelekan bahaya debu di rumah. Ruangan dalam rumah harus dibersihkan dari debu agar kesehatan penghuni rumah tetap terjaga. Tentunya penjelasan di atas juga menegaskan mengapa ruangan harus dibersihkan dari debu. Berbagai macam perabotan seperti sofa, karpet, gorden, meja, kursi dan yang lainnya harus dibersihkan. Jadwalkan juga untuk melakukan pembersihan mendalan atau deep cleaning setiap beberapa bulan sekali.

Jenis Partikel Debu Yang Perlu Anda Ketahui

Debu ternyata tak hanya satu bentuk. Ada beberapa jenis partikel debu yang harus diketahui. Jenis debu ini dibedakan berdasarkan ukuran partikel debu itu sendiri. Semakin kecil sebuah partikel debu, semakin sulit untuk melihatnya. Partikel debu kecil biasanya bertahan lebih lama di udara dan menempuh jarak yang lebih jauh. Untuk partikel debu berukuran besar, Anda biasanya melihatnya terakumulasi di area yang sudah lama ditinggalkan.

Contohnya terkadang terdapat pada benda-benda seperti mobil yang sudah lama diparkir atau furnitur yang belum dibersihkan. Partikel debu yang besar akan terjebak di hidung saat Anda bernapas sehingga Anda tidak perlu khawatir tertelan secara tidak sengaja. Selain itu, partikel jenis ini tidak berbahaya dan dapat dengan mudah dihembuskan melalui nafas. Partikel debu yang berbahaya adalah yang berukuran kecil karena bisa masuk ke paru-paru. Padahal, partikel super kecil tersebut bisa langsung terserap ke dalam aliran darah yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

Cara Membersihkan Debu

Ada banyak cara untuk membersihkan debu, diantaranya dengan:

  • Sapu debu dengan kemoceng
  • Menyeka dengan kain khusus
  • Menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner).

Kenakan masker saat ada banyak debu agar tidak masuk ke paru-paru. Untuk mengurangi volume debu dan meminimalisir ancaman yang dapat ditimbulkannya, gunakan alat pembersih udara atau disebut juga air cleaner. Alat elektronik ini berfungsi untuk memurnikan udara dan telah terbukti efektif mengurangi partikel debu serta meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Ruangan yang bersih dari debu merupakan salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Kurangi Barang Tidak Berguna Dalam Rumah

Terkadang sebagian orang sering menyimpan barang barang yang kurang berguna atau tidak dibutuhkan. Nah barang inilah yang akan menjadi tempat bertumpuknya debu. Karena jika suatu barang digunakan atau terkontak tentu tidak akan berpindah tempat. Solusi paling tepatnya adalah membuang atau menyingkirkan barang tidak terpakai tersebut. namun jika anda tetap mengiginkan barang tersebut disitu solusi terbaiknya dengan rutin membersihkannya. Setidaknya lakukan penyedotan debu seminggu sekali terhadap barang tersebut. setidaknya barang itu tidak menjadi sarang kotoran dan debu penyebab banyak penyakit.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *