Langkah Lengkap Membersihkan Aquarium

Jasa Poles Marmer Jakarta – Bagi anda yang senang memelihara ikan untuk hiasan dirumah pasti memiliki aquarium. Benda ini umumnya berbentuk tabung persegi dari kaca bening. Ikan yang merupakan salah satu jenis makhluk hidup tentu saja akan menghasilkan kotoran. Oleh karena itu sebaiknya anda juga rutin untuk membersihkan aquarium ini. Membersihkan akuarium tidaklah sulit, terutama jika Anda memastikan untuk melakukannya sesuai jadwal sehingga alga dan residu lainnya tidak memiliki waktu untuk hidup. Pastikan bahwa jika ikan Anda merupakan pemakan yang cukup pemilih, Anda memasukkan air bersih dengan menyedot air. Selang setengah tangki satu minggu, lalu lakukan tangki lainnya 2-3 minggu kemudian. Dengan cara ini ikan akan menyesuaikan diri dengan iklim yang lebih bersih.

Langkah Lengkap Membersihkan Aquarium

Gunakan Algae Pads Atau Scrapers

Gunakan alagae pads untuk membersihkan kaca aquarium di bagian dalam. Ada berbagai pengikis alga di pasaran, dari scrubber bergagang panjang hingga scrubber magnetis. Beli bantalan alga di toko hewan, bukan di bagian peralatan rumah tangga di toko biasa. Meskipun terlihat mirip, bantalan peralatan rumah tangga dapat mengandung sisa sabun atau bahan kimia. Residu itu tidak apa-apa jika Anda membersihkan wastafel dapur, tetapi dapat membunuh ikan Anda. Untuk residu membandel pada kaca, gunakan pisau cukur untuk mengikisnya. Berhati-hatilah untuk tidak melukai diri sendiri. Jika akuarium Anda terbuat dari akrilik, gunakan pisau cukur plastik, karena pisau cukur standar akan menggores akrilik.

Gosok dan Pakai Pemutih

Setelah kaca bagian dalam bersih, singkirkan batu, tanaman buatan atau dekorasi yang memiliki pertumbuhan lumut yang signifikan. Jangan bersihkan dengan menggunakan sabun atau deterjen. Sangat sulit untuk menghilangkan sabun sepenuhnya, dan bahkan jejaknya bisa mematikan bagi ikan. Biasanya, scrub yang baik dengan pengikis alga akan menghilangkan ganggang dan kotoran dari bebatuan dan tanaman. Untuk masalah noda sangat membandel, bisa rendam selama 15 menit dengan larutan pemutih.  Gosok residu yang tersisa lalu bilas bersih dengan air mengalir.

Setelah itu dan biarkan mengering untuk menghilangkan sisa pemutih. Sebenarnya tanaman hidup bisa diputihkan namun, tanaman batang tidak toleran terhadap pemutihan. Untuk pemutih tanaman hidup, siapkan larutan pemutih 5 persen. Rendam tanaman selama dua hingga tiga menit, lalu bilas hingga bersih. Keluarkan batu, dekorasi, dan tanaman dari tangki saat Anda mengosongkan kerikil. Dengan begitu, tidak ada puing-puing kerikil yang dapat mengatasinya. Pastikan Anda menggunakan ember baru yang khusus untuk proses pembersihan akuarium saja. Hindari pemakaian ember bekas sabun atau deterjen.

Gunakan Selang Untuk Memabantu Pembersihan

Singkirkan semua kerikil lalu pakailah selang air untuk menyedot semua kotoran. Ada beberapa jenis selang yang tersedia, yang semuanya pada dasarnya bekerja sama. Pertimbangkan Python karena dapat menarik air kotor langsung ke wastafel Anda, sehingga tidak perlu ember. Meskipun ini menghilangkan kotoran yang lebih besar, partikel yang lebih kecil akan melewati filter dan dikembalikan ke tangki. Pastikan untuk menyedot seluruh permukaan kerikil secara menyeluruh agar semua kotoran dapat dihilangkan.

Penggantian Katrid Filter Secara Rutin

Karbon dalam kartrid filter dapat berbahaya bagi kesehatan ikan Anda jika tidak diubah. Banyak bakteri tak berguna hidup di filter, kebanyakan di kerikil. Jadi perubahannya tidak akan memengaruhi filtrasi biologis dengan cara apa pun. Kartrid dapat dibilas setiap minggu selama penggantian air jika terlihat terlalu kotor. Akan tetapi Anda tidak ingin kehilangan bakteri yang terpasang pada filter. Membilas kartrid filter tidak menggantikannya, jadi masih perlu diganti setiap bulan.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *