Manfaat Positif Dari Mengurangi Pemakaian Plastik

GreenClean – Sebagian besar kota besar di Indonesia telah mengeluarkan aturan untuk melarang pemakaian kantong plastik sekali pakai. Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) 142 Tahun 2019, mulai 1 Juli 2020 telah diberlakukan wajib penggunaan tas belanja ramah lingkungan di pusat perbelanjaan, minimarket, dan pasar. Artinya, kantong plastik yang biasa kita dapatkan dari pasar atau mini market dilarang digunakan di wilayah Jakarta. Maka tidak heran jika tidak mendapatkan kantong plastik saat berbelanja di supermarket, mini market atau pasar.

Manfaat Positif Dari Mengurangi Pemakaian Plastik

Hal tersebut dilakukan pemerintah untuk menindaklanjuti permasalahan sampah plastik yang semakin parah. Tentu saja kita tidak ingin bumi menjadi semakin kotor dan rusak akibat sampah plastik. Sampah plastik ini dikenal sangat sulit terurai di dalam tanah. Nah sedangkan jika dibakar akan menjadi polusi udara dan akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Pembakaran sampah plastik dapat menyebabkan pembentukan dioksin. Senyawa kimia dioksin ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan sekitar Anda.

Sebenarnya ada cara agar bumi tetap sehat yaitu dengan diet plastik atau pembatasan pemakaian plastik. Diet plastik merupakan gerakan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Jadi tidak ada lagi plastik yang dibuang ke tempat sampah. Memiliki kebiasaan diet plastik sangat bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun lingkungan. Nah Apa saj manfaat yang bisa dirasakan dari diet plastik? Simak terus sampai akhir artikel yang kami berikan berikut ini.

Membantu Menyelamatkan Lingkungan

Anda tidak bisa langsung merasakan keuntungan pertama. Namun keunggulan pertama ini sangat berpengaruh pada keadaan bumi yang kita tinggali. Jika melakukan diet plastik maka hal ini akan membantu mengurangi sampah plastik di bumi. Seperti yang kita ketahui, plastik merupakan sampah yang sulit untuk didaur ulang atau terurai di dalam tanah. Padahal, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua setelah China. Faktanya, banyak lautan di Indonesia yang tercemar oleh sampah plastik ini. Tentunya Anda tidak ingin melihat masalah plastik ini berlanjut. Jika kita bisa membuat diet plastik dengan menggunakan plastik seijin mungkin, bumi akan lebih sehat.

Menghemat Lebih Banyak Biaya

Tentunya Anda sudah mengetahui peraturan pemerintah yang menerapkan kantong plastik berbayar. Kantong plastik berbayar diharapkan bisa mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Dengan diet plastik, tentunya bisa sangat menguntungkan bagi Anda. Anda menghemat lebih banyak saat berbelanja. Tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli plastik. Memang harga yang dikenakan untuk satu kantong plastik hanya Rp. 200. Namun, jika Anda membutuhkan kantong plastik setiap berbelanja, tentunya akan lebih boros. Maka dari itu, untuk lebih menghemat dan mengurangi sampah plastik, jangan lupa bawa tas atau tas belanjaan. Anda bisa menggunakan tas anyaman, tas lipat atau tas kanvas.

Rumah Lebih Rapi dan Bersih

Plastik seringkali dipakai untuk membungkus dan menyimpan makanan. Biasanya Anda akan memanen plastik setelah selesai berbelanja di pasar atau supermarket. Pasti kamu akan memperoleh lebih dari satu plastik ketika belanja ke setiap toko. Bisa dibayangkan berapa banyak plastik yang akan menumpuk di dapur. Biasanya Anda akan menyimpan kantong plastik ini di dalam lemari. Jika Anda tidak menggunakan kantong plastik ini lagi, itu hanya akan membuat lemari Anda semakin sempit. Karena itu dengan diet plastik tentunya rumah Anda akan lebih rapi. Tidak ada lagi tumpukan plastik di lemari. Lemari menjadi lebih bersih dan rapi.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *