Tidak Hanya Dibersihkan  Barang Berikut Ini Juga Memiliki Masa Kadaluarsa

Jasa Poles Marmer Jakarta – Seringkali kita beranggapan bahwa barang-barang yang terlihat (masih) bersih tidak perlu diganti. Padahal, setiap benda memiliki masa pakai tersendiri, terutama untuk peralatan sehari-hari. Yap, peralatan sehari-hari menyimpan banyak bakteri dan kuman yang harus kita hindari. Meski tidak terlihat kotor, bukan berarti bebas masalah, sehingga harus rutin menggantinya. Lantas, berapa lama waktu ideal untuk mengganti peralatan harian yang Anda gunakan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Tidak Hanya Dibersihkan Barang Berikut Ini Juga Memiliki Masa Kadaluarsa

Handuk

Tak hanya mengeringkan tubuh usai mandi, handuk juga mampu mengangkat kulit mati dan bakteri alami dari tubuh kita, lho! Namun handuk bekas tidak bisa lagi menyerap air secara maksimal sehingga selalu lembap. Nah, kondisi inilah yang membuat bakteri berkembang biak dan menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengganti handuk setiap minggu atau jika sudah kotor dan bau. Umur handuk berkisar antara 1-3 tahun dan harus diganti secara teratur!

Seprai

Siapa di sini yang suka malas ganti sprei? Sprei sebagai kasur tempat kamu tidur bisa jadi tempat berkumpulnya sel kulit mati manusia, bakteri, hingga ekskresi tubuh, lho! Bahkan kondisi kasur yang lembap akan menjadi tempat yang ideal bagi bakteri dan tungau untuk berkembang biak. Tentunya Anda tidak ingin tidur di atas sprei seperti ini? Untuk tidur nyenyak, gantilah seprai dan sarung bantal seminggu sekali. Anda juga bisa mengurangi kelembapan akibat keringat di seprai dengan membuka jendela setiap pagi. Jangan lupa untuk mengeringkan kasur, bantal, dan guling di bawah terik matahari untuk menghilangkan kuman dan bau tak sedap!

Selimut

Tidur di atas selimut membuatnya nyaman dan hangat. Namun, selimut yang jarang dicuci bisa mengumpulkan banyak bakteri dan kuman, lho! Tidak ingin tidur penuh bakteri? Saatnya mencuci selimut setiap dua minggu dan menggantinya setidaknya setiap enam bulan.

Piyama

Apakah Anda suka mengenakan piyama yang sama selama seminggu berturut-turut? Sebaiknya segera ubah kebiasaan ini! Mungkin Anda merasa piyama Anda masih bersih dan tidak berbau. Namun, piyama akan menjadi tempat berkumpulnya sel kulit mati dan mikroorganisme jika jarang kita cuci. Organisme ini biasanya tidak berbahaya, tapi jika masuk ke dalam tubuh bisa jadi masalah baru. Idealnya, cuci piyama setelah dua kali pemakaian, ya.

Pakaian dalam

Pakaian dalam pasti harus dicuci setelah digunakan. Tak hanya bakteri, celana dalam juga menyerap keringat yang bisa menyebabkan jamur menjadi panu jika tidak dibersihkan. Selain dicuci setiap hari, celana dalam juga harus diganti secara rutin. Ya, ganti pakaian dalam Anda setidaknya setahun sekali.

Sikat gigi

Selain rajin menggosok gigi, Anda juga harus rutin mengganti sikat gigi. Apalagi jika Anda menggunakan sikat gigi saat sedang sakit. Setidaknya, ganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan. Teliti setiap kali Anda mencucinya dan pastikan untuk menyimpannya di tempat yang bersih dan kering!

Sisir

Siapa sangka sisir yang kita gunakan setiap hari bisa mengandung begitu banyak kuman? Tanpa disadari, kuman menempel di kepala Anda saat Anda berada di luar ruangan. Nah, kuman tersebut kemudian menempel di permukaan sisir. Cuci sisir Anda dengan sabun dan air hangat seminggu sekali. Selain itu, ganti sisir Anda setidaknya setiap enam bulan agar tetap higienis.

Sekarang Anda tahu kan, kapan waktu yang ideal untuk mengganti peralatan sehari-hari Anda? Ayo mulai biasakan agar hidup lebih nyaman, bersih, dan sehat!

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *