Punya Rumah Kayu? Lakukan Hal Ini Agar Terhindar Dari Serangan Rayap

Jasa Bersih Kantor – Punya rumah kayu yang nyaman dan menawan, siapa yang tidak mau? Suhu dalam ruangan yang lebih hangat tidak ketinggalan tampilan yang lebih artistik menjadi keunggulan rumah kayu. Tapi masalahnya datang saat musim hujan tiba. Suhu yang lembab merupakan salah satu faktor bagi rayap untuk menempati dan memakan rumah kayu kita. Agar tidak menyesal, ada baiknya rawat rumah kayu agar terhindar dari serangan rayap.

Punya Rumah Kayu Lakukan Hal Ini Agar Terhindar Dari Serangan Rayap

Lindungi Bangunan

Semprotan anti rayap harus disemprotkan secara teratur ke seluruh bagian rumah. Kita tidak tahu kemana rayap akan menyerang, jadi semua rangka, rangka, lantai kayu, plafon, dinding, dll harus dilindungi. Jika Anda tidak mengerti cara menggunakan obat rayap, hubungi ahlinya.

Bersihkan Saluran Pembuangan Secara Teratur

Rayap sebagai tempat yang mengandung air dan kelembaban. Selain talang, sebaiknya Anda juga mengecek talang dan rutin membersihkannya dari daun kering atau serpihan lainnya. Karena jika terdapat banyak timbunan daun kotor akan menjadi makanan untuk rayap. Dengan begitu rayap pasti akan menjalar kesemua bagian rumah yang lain.

Segera Perbaiki Keran Yang Bocor

Keran yang bocor membuat rumah menjadi lembap. Jika kondisi ini didiamkan cukup lama tentu saja akan mengundang perhatian rayap. Karena memang rayap sangat menyukai tempat yang lembab. Nah oleh karena itu sebaiknya segera perbaiki atau ganti dengan yang baru sebelum rayap datang.

Jangan Menumpuk Kayu di Taman

Sisa kayu dari bahan bangunan sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan tertutup. Rayap akan tertarik ke tumpukan kayu di taman Anda dan diam-diam menargetkan rumah kayu Anda sebagai target berikutnya.

Gunakan Kayu Berkualitas Tinggi

Ada harganya. Kayu yang lebih mahal biasanya lebih baik dari pada kayu yang murah. Lengkapi diri Anda dengan pengetahuan yang cukup tentang material kayu sebelum membeli. Jangan mudah tergiur dengan material kayu yang ditawarkan dengan harga yang sangat murah.

Jaga Kebersihan Lubang Ventilasi

Coba periksa apakah lubang ventilasi di rumah Anda bersih dari cat atau serpihan kayu? Sampah yang tidak dibersihkan akan mengundang rayap untuk keluar. Pasang jaring kawat agar tidak ada rayap atau serangga yang masuk ke dalam rumah.

Jaga Kebersihan Gudang

Apa yang tidak terlihat sering luput dari perhatian. Saham, misalnya. Kami tidak pergi ke gudang setiap hari, kecuali saat kami ingin menyimpan barang yang tidak terpakai. Atau mungkin gudang Anda sangat gelap dan menyeramkan sehingga Anda malas masuk ke sana. Jika rayap tetap berada di gudang, rumah Anda dalam bahaya. Bersihkan gudang setidaknya satu atau dua minggu sekali. Berikan penerangan yang cukup dan buka pintu selama beberapa menit dalam sehari agar udara tidak terasa lembap.

Hindari Membangun Rumah di Bekas Lahan Taman

Rayap bawah tanah (coptotermes) sering ditemukan di bekas kebun atau hutan. Hal ini wajar karena kebun dan lahan hutan mengandung sumber makanan yang disukai rayap. Jika tidak ada jalan lain, metode konstruksi anti rayap harus dilakukan. Cara ini biasanya dilakukan dengan menyemprotkan cairan anti rayap ke tanah dan menggali pondasi sebelum membangun rumah.

Pencahayaan Maksimal

Rayap tidak menyukai tempat yang kering dan terang. Lengkapi rumah dengan jendela besar agar sinar matahari bisa menjangkau seluruh bagian rumah. Pasang lampu di beberapa titik utama dan jangan biarkan sudut rumah gelap tanpa cahaya.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *