Tips dan Trik Membersihkan Sablon Baju

Jasa Bersih Kantor – Terkadang  ibu marah ketika dia melihat bahwa sablon baju anak itu mulai lepas dan rusak. Padahal, jika diperhatikan lebih dekat, bisa jadi bahannya masih bagus, belum melar. Ada banyak faktor yang menyebabkan tekanan layar cepat hilang, seperti proses pencucian yang salah hingga kebiasaan menyetrika pada suhu tinggi. Dari sekian banyak pakaian, kaos sepak bola sablon dan sablon umumnya menjadi korban paling umum. Daripada dibuang atau dijadikan kain, lebih baik bersihkan sisa-sisa sablon dan sulap menjadi kaos biasa. Meski tak suka yang polos, pakaian Anda bisa dicetak ulang dengan gambar yang berbeda. Berikut cara mudah menghilangkan baju yang sudah mulai rusak.

Tips dan Trik Membersihkan Sablon Baju

Membersihkan Sablon Poluflex Dengan Setrika

Jika kemeja Anda menggunakan jenis kasa poliflex, hanya bisa dilepas dengan setrika. Karena sablon polyflex lebih tipis dan lebih fleksibel, mudah untuk menghilangkannya. Jenis sablon ini biasa digunakan untuk kaos dan jaket. Berikut langkah-langkah untuk melepas silkscreen sweater:

  1. Panaskan setrika selama 3 hingga 5 menit, lalu letakkan kain di atas pakaian yang ingin Anda hapus screen print-nya.
  2. Letakkan setrika di atas kain dan diamkan selama 5 hingga 7 detik.
  3. Lepaskan setrika lalu usapkan aseton pada screen print pada pakaian dingin Anda yang masih panas.
  4. Tunggu sampai tekanan layar menyusut dan kering lalu bersihkan sisanya. Agar optimal, cuci pakaian seperti biasa.

Membersihkan Sablon DTG dan Foil Dengan Pemutih

Sisa dari hasil cetak pada kaos distro dapat dibersihkan dengan pemutih saja. Tapi hanya untuk baju putih. Ada beberapa jenis sablon kaos distro yang sering digunakan yaitu sablon kaos DTG dan sablon. Kedua jenis sablon kaos ini bisa dihilangkan dengan pemutih dari semua merk pakaian. Namun lebih baik digunakan hanya untuk pakaian yang terbuat dari bahan yang sedikit tebal agar serat kain tidak rusak.

  1. Masukkan air panas ke dalam ember lalu tambahkan deterjen dan 100 ml pemutih sambil diaduk hingga larut.
  2. Oleskan pemutih ke layar sutra dan kemudian rendam pakaian selama 5 menit. Saya menggosoknya di bagian yang terlindung dan melepasnya perlahan.
  3. Ulangi 3 sampai 4 kali hingga kain benar-benar hilang lalu bilas hingga bersih.

Membersihkan Sablon Gildan Dengan Bensin

Gunakan bensin untuk menghilangkan kaos Gildan yang tebal. Jika tidak suka baunya, Anda bisa mengganti bensin dengan minyak kayu putih. Daripada mengeluh tentang jasa sablon kaos karena kualitasnya kurang bagus, lebih baik dibersihkan dan di sablon ulang. Anda bisa menggunakan bensin atau minyak kayu putih. Balikkan kemeja yang memiliki cetakan layar. Letakkan lap kering di tengah dan dalam baju agar bensin tidak menyebar. Lap bensin di bagian yang terlindung, tunggu sampai mengering dan menyusut. Kemudian kupas dengan pisau cukur atau tangan hingga bersih dan cuci bersih agar baunya hilang.

Membersihkan Sisa Sablon Dengan Alkohol dan Aseton

Anda juga dapat membersihkan sisa-sisa pakaian silkscreen dengan alkohol dan atau aseton. Info yang diperoleh dari beberapa orang yang menjual kaos sablon, mereka sering memakai alkohol dan aseton untuk membersihkan sisa sablon yang rusak. Namun tentunya Anda tidak bisa begitu saja menggosok dan menggosoknya, Anda membutuhkan bantuan setrika atau mesin pemanas lainnya agar sisa tekanan layar bisa dihilangkan.untuk caranya, Panaskan setrika lalu letakkan kemeja yang telah dicetak di atasnya dan tutupi dengan kain kering di bawahnya. Lumasi layar sutra dengan alkohol lalu tutup dengan kain. Pegang setrika selama beberapa detik dan angkat bersama dengan kain. Bersihkan sisa hasil cetak layar.

Membersihkan Sablon Dengan Hair Dryer

Cara ini sedikit lebih mudah daripada menggunakan setrika, yaitu menggunakan pengering rambut. Selain sering dipakai jasa sablon kaos untuk mempercepat proses pengeringan, ternyata hair dryer juga dapat dipakai untuk membantu proses membersihkan. Memang tidak secepat menggunakan cairan M3, tapi setidaknya aman untuk pakaian dengan serat kain tipis. Tapi anda hanya bisa menggunakan hair dryer yang mengeluarkan udara panas, jika dingin pasti tidak bisa. Nyalakan pengering rambut lalu arahkan panas ke tekanan layar. Tunggu hingga layar menyusut, lalu gunakan pemotong atau pisau untuk menariknya.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *