3 Cara Rahasia Mencuci Sepatu Sneakers

GreenClean.id – Sepatu Sneakers merupakan salah satu jenis sepatu kasual yang saat ini banyak sekali diminati. Dari anak-anak sampai orang dewasa sudah tidak asing lagi jika terlihat memakai sepatu ini setiap hari. Soal perawatan, sneakers sebenarnya lebih mudah dipegang daripada jenis sepatu lain seperti sepatu pantofel atau sepatu kain. Padahal, sneakers juga bisa dicuci dengan berbagai cara, baik dengan mesin cuci maupun manual. Yuk intip berbagai cara mencuci sepatu jenis sneakers ini.

3 Cara Rahasia Mencuci Sepatu Sneakers

Cara Mencuci Sepatu Sneakers Dengan Mesin

Bagi kamu yang sibuk dan tidak punya banyak waktu, cukup sulit untuk mencuci sneakers dengan tangan. Mencuci sneakers secara manual membutuhkan lebih banyak waktu yang lama dan proses yang lama. Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena Selama Anda tahu cara yang benar, Anda bisa menghemat waktu dan mencuci sepatu sneakers dengan mesin. Begini caranya:

  • Pertama tama kamu harus Lepaskan dulu tali sepatu dan bantalan dari sepatu terlebih dahulu untuk memudahkan proses pencucian.
  • Lalu bersihkan bagian kotor dari sepatu dengan memakai kain atau sikat bekas yang sudah tidak terpakai.
  • Letakkan sepatu sneakers di bantal tertutup, handuk, selimut atau kain. Hal ini dilakukan agar sepatu tidak langsung aus oleh pengaduk atau kipas mesin cuci.
  • Pakailah air dingin dan deterjen cair untuk mencuci sepatu sneakers. Tunggu hingga proses pencucian dengan mesin selesai.
  • Sebaiknya tidak mengeringkan sepatu sneakers di pengering. Disarankan menggunakan kipas angin atau pengering rambut untuk mengeringkan sepatu agar kondisi sepatu tetap baik.

Cara Mencuci Sepatu Sneakers Dengan Deterjen dan Soda Kue

Mencuci sneakers putih memang tidak mudah, apalagi jika sepatu tersebut penuh dengan kotoran yang membandel. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencucinya dengan campuran deterjen bubuk dan baking powder. Ini karena soda kue mengandung natrium karbonat yang dapat menghilangkan kotoran, termasuk noda karat dan jamur. Simak cara mencuci sepatu sneakers dengan campuran deterjen dan soda kue ini:

  • Campurkan deterjen bubuk dan baking powder dengan perbandingan 1: 3. Kemudian larutkan dalam air dingin hingga membentuk tekstur pasta.
  • Sikat bagian sepatu yang kotor dengan deterjen dan soda kue dengan sikat gigi bekas. Diamkan selama 2-3 menit.
  • Bilas dengan air bersih hingga tidak ada residu yang menempel pada pasta.
  • Bersihkan dengan kain atau handuk kering dan biarkan mengering selama beberapa saat. Pastikan sepatu sneakers benar-benar kering sebelum disimpan atau digunakan agar tidak berbau apek.

Cara Mencuci Sepatu Sneakers Dengan Pasta Gigi

Selain deterjen bubuk dan cair, Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk mencuci sepatu sneakers. Cara ini cocok saat Anda sedang terburu-buru. Karena membutuhkan peralatan yang sederhana, cara ini juga bisa Anda lakukan dalam keadaan darurat atau di suatu lokasi. Misalnya saat piknik, dalam perjalanan atau sedang keluar kota dan jauh dari rumah.

  • Olesi semua bagian sneakers dengan pasta gigi bekas dan pasta gigi putih tanpa gel. Kemudian diamkan selama 10-15 menit.
  • Lap sepatu sneakers dengan handuk basah agar tidak ada bekas pasta gigi di atasnya. Bahkan sepatu sneakers kembali bersih!

Sekarang Anda tahu berbagai cara mencuci sepatu sneakers. Sesuaikan saja dengan syarat dan preferensi, lalu Anda bisa memilih cara terbaik. Jika Anda lebih nyaman mencuci sneakers dengan mesin, pilih detergen khusus

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *