Kulkas Awet Bebas Bau Tidak Sedap

Jasa Bersih Kantor – Kulkas atau yang lebih dikenal dengan lemari es memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Apalagi bagi yang suka memasak dan sering membeli bahan makanan seperti sayur, buah dan daging mentah, lemari es merupakan perangkat elektronik terpenting untuk menjaga ketahanan makanan tersebut dan mencegah pembusukan.

Kulkas Awet Bebas Bau Tidak Sedap

Nah, selain seluruh lemari es berbau, bahan makanan basi atau kadaluwarsa juga berisiko meningkatkan keracunan atau kontaminasi makanan. Dengan mengikuti cara merawat dan membersihkan lemari es yang benar, Anda dapat melindungi kesehatan keluarga dan juga menjaga lemari es tetap awet dan tahan lama.

Buang sisa makanan dan minuman

Jika Anda termasuk orang yang sering makan di luar dan tidak menghabiskan makanan, Anda perlu memikirkan untuk mengemas sisa makanan di rumah dengan niat untuk memakannya besok atau lusa. Tadaa, kemungkinan besar Anda akan melupakannya dan tidak akan pernah memakannya lagi. Setelah lupa, makanan ini perlahan-lahan mencemari isi lemari es.

Lakukan: Keluarkan toples, box atau wadah yang berisi sisa makanan dan lihat kondisi makanan seperti warna dan aromanya. Buang makanan segera jika salah satu elemen ini telah berubah.

Pisahkan makanan mentah dan matang

Simpan daging dan bahan-bahan di dasar lemari es untuk menghindari cairan yang menetes di bawahnya. Kemudian simpan sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan dan makanan serupa di dekat Anda. Ingatlah untuk tidak mencampur makanan seperti kue, coklat, susu, yogurt, pengawet, minuman dengan pengawet!

Bersihkan noda yang tumpah sebelum dikeringkan

Saat Anda memasukkan atau mengeluarkan makanan, saus atau saus terkadang menyebar di sekitar lemari es. Segera lap dengan kain atau tisu basah sebelum dikeringkan. Jangan biarkan mengering karena tumpahan atau noda biasanya lebih sulit dibersihkan dan bau tak sedap bisa mengotori isi lemari es.

Gunakan lemon, cuka atau soda kue

Tidak perlu pembersih atau disinfektan yang keras untuk membersihkan lemari es. Gunakan hanya campuran cuka dan air atau campuran lemon, garam, dan air panas! Sebagai pilihan tambahan, Anda juga bisa menggunakan campuran soda kue dan air hangat untuk membersihkan noda dan kotoran di lemari es.

Produk apa yang harus digunakan untuk membersihkan lemari es?

Produk yang cocok untuk membersihkan lemari es adalah produk yang biasa kita gunakan di dapur. Deterjen cair lebih aman digunakan dibandingkan produk pembersih lain seperti deterjen. Deterjen dirancang untuk mencuci makanan dan peralatan dapur. Kami dapat menempatkan lemari es dalam kategori ini karena bersentuhan dengan bahan makanan dan makanan. Kain yang Anda gunakan juga harus khusus dan bersih. Spons pencuci piring yang lembut atau serbet kain lembut adalah pilihan.

Bisakah disinfektan membersihkan lemari es?

Kami menganjurkan agar Anda tidak menggunakan disinfektan – seperti asam karbolat, pembersih kaca, pembersih kamar mandi, kain pel – untuk membersihkan bagian dalam lemari es. Seperti produk pembersih dapur lainnya, semua jenis disinfektan dapat menyebabkan keracunan jika bersentuhan langsung dengan makanan. Gunakan produk yang dirancang khusus dan aman untuk lemari es atau pilih deterjen alami. Detergen juga bisa terlalu keras karena mengandung banyak bahan kimia yang tidak boleh menyentuh atau berada di dekat makanan. Sisa detergen dapat dibersihkan dari lemari es, namun lebih baik hindari resiko kontaminasi bahan kimia pada lemari es. Untuk mengetahui produk apa yang harus digunakan dan apa yang harus dihindari saat membersihkan lemari es Anda, baca manual lemari es Anda.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *