Tips Mengusir dan Membersihkan Tawon Dirumah

Jasa Poles Marmer Jakarta – Tawon merupakan salah satu serangga yang sering membuat sarang di atap rumah. Jangan salah, tawon dan lebah itu berbeda, tawon tidak menghasilkan madu. Selai itu sengatan tawon lebih  berbahaya daripada lebah. Karena memang tawon mempunya sengatan dan Ada racun yang dapat membahayakan manusia di dalamnya. Tentu saja jika serangga ini hadir di rumah akan sangat berbahaya bagi penghuniya. Karena, sengatan sangat menyakitkan dan menyebabkan ruam yang ekstrim. Bahkan, beberapa orang akan mengalami alergi terhadap tawon racun. Tawon sangat tertarik pada warna-warna cerah, makanan yang dibiarkan terbuka, dan aroma parfum dan bunga di kebun. Dibandingkan dengan lebah, hewan bersayap kecil dengan warna tubuh kuning dan hitam karakteristik disebut lebih agresif dalam menyerang manusia.

Tips Mengusir dan Membersihkan Tawon Dirumah

Lebah disebutkan hanya satu orang yang mampu menyengat, tapi serangga ini bisa melakukannya berkali-kali. Sebagai hasil dari sengatan, permukaan kulit tidak hanya akan gatal, tetapi dapat berasa seperti terbakar. Seiring waktu, area tubuh akan menggelembung menyengat. Sengatan dalam jumlah besar bahkan disebut bisa membuat seseorang meninggal.  Sungguh berbahaya bukan, selain itu sarang tawon yang menempel dirumah tentu akan membuat kotor dan meninggalkan noda. Nantinya rumah akan menjadi kotor, Oleh karena itu sebaiknya kamu menyingkirkan mereka dari rumah. Untuk membasmi tawon yang ada kebun, Kamu bisa menyemprotkan insektisida pada tanaman seminggu sekali. Sementara itu, untuk menghilangkan tawon dari rumah, Kamu dapat menggunakan bahan dapur.

Sabun Cuci Piring

Bahan sederhana seperti sabun cuci piring juga dapat digunakan sebagai cara untuk mengusir tawon. Campurkan satu liter air panas dengan sabun sampai lebih busa yang dihasilkan. Setelah diaduk rata, menempatkan solusi ini ke dalam botol semprot. Arahkan ini cair di pintu masuk sarang. Ketika sarang terletak di atas rumah kamu harus lebih berhati hati jangan lupa untuk meminta bantuan orang-orang untuk memegang tangga. Jika sarang terletak di bagian mudah diakses, Kamu dapat langsung disiram dengan ember. Bagaimana untuk mengusir tawon dengan sabun cuci piring sangat efektif dan sering digunakan oleh ibu rumah tangga.

Cuka

Cara mengusir tawon yang efektif yaitu dengan menyemprotkan cuka di sebelah sarang. Membuat larutan cuka ini sangan gampang, Kamu hanya perlu menarug satu sendok makan cuka untuk seperempat dari air. Kemudian, tuangkan ke dalam botol semprot. Campuran bahan ini akan sangat ampuh untuk menyerang sarang tawon yang ada di dalam rumah.

Kapur Barus

Selain dianggap bisa menyingkirkan gerombolan semut, kapur barus ternyata juga bisa mengusir tawon. Bagaimana untuk mengusir tawon bersarang di atap rumah ini cukup mudah, kamu hanya perlu masukkan 1-2 kapur di kaus kaki. Kemudian, menggantung di dekat sarang.

Lemon dan Baking Soda

Selanjutnya, larutan lemon dan baking soda dibenci tawon. Aroma asam, dua bahan membuat ini ampuh sebagai bahan tawon penolak berkhasiat. Penggunaannya, cukup semprotkan cairan langsung ke sarang madu.

Insektisida Khusus Tawon

Membasmi serangga ini satu per satu akan sulit untuk dilakukan, maka dianjurkan untuk melakukan pemberantasan dengan menargetkan sarang. Cara pertama adalah dengan menggunakan insektisida khusus yang dapat dibeli di toko-toko terdekat. Biasanya cairan insektisida tersedia dalam bentuk spray atau aerosol. Selain itu, Kamu akan dapat menggunakan bubuk insektisida. Ternyata jenis serbuklah dianggap lebih ampuh mengusir hewan-hewan ini. Cukup mudah caranya hanya tuang insektisida ke dalam wadah, dan kemudian mempersiapkan kuas dengan ukuran yang tepat. Oleskan bedak secara merata pada sarang. Dalam beberapa waktu sarang akan berubah kaku dan hewan di dalamnya akan melemah.

Jika kamu sudah menggunakan salah satu cara diatas selanjutnya kamu bisa membersihkan noda sarang tawon dengan memakai bantuan scrab dan sikat. Sebaiknya gunakan scrab dari plastik supaya tidak merusak bagian atap yang bernoda. Basahi dulu noda dengan air biasa lalu scrab secara perlahan. Bisa dibantu dengan penyikatan secara perlahan. Jika sudah bersih kamu bisa lap menggunakan lap kering.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *