Jangan Asal! Begini Cara Membersihkan Kuteks di Kuku

Green Clean – Kuteks sudah sangat populer dari jaman nenek moyang kita dulu. Fungsi utama kuteks yaitu untuk membuat penampilannya kuku tampak mengkilap dan indah. Berbagai macam jenis kuteks sudah bisa didapatkan sekarang, dari yang mudah dibersihkan sampai permanent. Dari semua jenis kuteks yang ada, cat kuku berbasis gel merupakan salah satu pilihan favorit karena bisa tahan dalam hitungan minggu dibanding lainnya.

Jangan Asal Begini Cara Membersihkan Kuteks di Kuku

Akan tetapi tentu saja ada saatnya kamu ingin menghilangkan kuteks tersebut untuk memberi tampilan yang lebih alami. Ataupun kamu hanya mau mengganti dengan warna yang lain. Sayangnya, pemakaian beberapa jenis kuteks sulit untuk dihapus dan membutuhkan tenaga dan usaha ekstra untuk bisa membersihkannya. Perlu diketahui bahwa teknik menghapus kuteks yang tidak benar malah bisa membuat kuku kamu mengalami kerusakan. Hal seperti ini tentu saja tidak kamu inginkan pastinya. Untuk bisa tau seperti apa cara membersihkan kuku yang tepat, berikut ini ada beberapa tahap yang perlu kamu ikuti.

Melindungi kutikula

Pada Saat memakai aseton atau cairan penghilang kuteks, kamu harus perlu melindungi bagian kutikula ini. Tujuannya yaitu supaya tidak rusak ataupun mengalami infeksi. Kutikula adalah lapisan kulit yang terletak di bagian pangkal kuku dan berfungsi untuk menghalangi bakteri yang akan masuk. Untuk melindunginya kamu bisa dengan cara mengoleskan petroleum jelly untuk menghalangi paparan cairan kimia aseton pada kutikula yang bisa merusak kuku.

Mengikis kuku

Kuteks gel mempunyai lapisan paling atas yang kuat dan memang sulit untuk ditembus. Bahan seperti ini yang membuat cenderung lebih awet dibanding cat kuku lainnya. Untuk bisa membersihkannya, pertama kamu perlu menghapus terlebih dulu lapisan atas tersebut, bisa dengan cara dikikis. Langkah kedua ini akan membutuhkan bantuan bahan aseton di tahap selanjutnya, jadi bisa berfungsi maksimal dalam mengangkat cat pada kuku. Perlu diperhatikan saat proses pengikisan, kamu perlu memastikan tidak terlalu dalam untuk menghindari munculnya goresan.

Rendam kuku pakai aseton

Aseton merupakan cairan yang dinilai sangat efektif menghapus kuteks sehingga dibutuhkan untuk menghilangkan cat kuku berbahan gel. Ada satu hal yang perlu dilakukan, yaitu kamu perlu membasahi kapas dengan aseton dan selanjutnya bisa kamu letakkan kapas tersebut pada kuku dan bungkus memakai alumunium foil. Dalam proses ini sebaiknya diamkanlah selama 10 hingga 20 menit untuk membantu cat kuku gel cepat rusak.

Pengikisan lapisan dengan lembut

Jika sudah selesai memakai aseton, kamu bisa melanjutkan dengan mengikis lapisan cat kuku tentu sedikit lebih lembut untuk memastikan tidak ada bekas yang tertinggal. Jika cara tersebut belum juga berhasil membersihkan kuteks di kukumu, kamu bisa memakai cara dengan merendam kembali kuku memakai arutan aseton. sebaiknya ulangi langkah langkah ini sampai kuku bersih sempurna.

Cuci dan lembapkan

Selesai proses perendaman dengan memakai aseton, sebaiknya kamu untuk mencuci tangan dan kuku supaya lebih bersih. Selain itu dengan begini juga akan menjaga kuku tetap awet dan kamu bisa pula mengoleskan lagi pelembap supaya kutikula terlindungi. Direkomendasikan untuk memakai petroleum jelly yang terjual di beberapa supermarket atau apotek untuk kamu jadikan sebagai pelembap kuku. Kamu juga disarankan untuk selalu menjaga kebiasaan mengoleskan petroleum jelly ini selama beberapa hari untuk bisa memastikan kuku lembap kembali setelah pemakaian aseton.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *