Kurangi Polusi Udara Dengan Cara Kebersihan

Jasa Poles Marmer Jakarta – Banyak yang sudah tau bahwa saat ini di beberana negara mengalami penurunan Level kualitas udara salah satunya indonesia. Efek buruk dari penurunan kualitas udara ini adalah turunnya angka harapan hidup orang Indonesia sebanyak 1,2 tahun secara rata-rata. Saat ini berbagai cara sudah dilakukan untuk mengatasi pencemaran udara, namun masih banyak juga yang tidak peduli akan hal ini. Padahal jika ini terus berlanjut angka harapan hidup akan semakin menurun karena polutan yang menimbulkan berbagai penyakit seperti alergi, penyakit saluran pernafasan, penyakit jantung dan paru-paru.

Kurangi Polusi Udara Dengan Cara Kebersihan

Sebelum dapat mengatasi polusi udara ini ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan yaitu sebisa mungkin batasi pemakaian kendaraan pribadi. Pengolahan limbah sampah yang baik dan benar dengan metode 3R (Reduce, reuse, recycle). Dan tidak ketinggalan yaitu saving energy. Ternyata penyebab utama polusi udara adalah pembakaran bahan bakar minyak, emisi yang dihasilkan dari pabrik industri, aktivitas penyemprotan bahan kimia di industri pertanian, serta produksi gas metana di TPA.

Kurangi pemakaian kendaraan pribadi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi udara kotor atau polusi udara adalah dengan mulai mengurangi pemakaian kendaraan pribadi. Untuk mendukung kegiatan harian kamu, pakailah kendaraan umum, sepeda, atau berjalan kaki. Jika masih memungkinkan, kamu juga bisa mengadaptasi konsep carpool, untuk bergiliran memakai satu mobil saja dengan keluarga, teman, atau tetangga. Sebaiknya kamu juga sering menyervice kendaraan kamu. Contohnya pada saat Ban mobil kurang angin tentu akan berdampak terhadap konsumsi bahan bakar. Ini disebabkan karena akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros sehingga memproduksi lebih banyak CO2

Menggunakan Produk ramah lingkungan

Dengan menggunakan produk rumah tangga ramah lingkungan akan mewujudkan udara yang bersih. Mari mencoba untuk lebih bijak lagi dalam memilih berbagai produk rumah tangga. Hindari berbagai macam produk pengharum ruangan atau pembersih permukaan berjenis semprotan yang akan menghasilkan aerosol. Karena bahan aerosol ini merupakan salah satu penyumbang polusi udara. Selain itu juga kamu harus mengurangi produksi sampah rumah tangga yang tidak bisa didaur ulang. Mulai saat ini terapkan konsep reduce, reuse, recycle dalam kehidupan sehari-hari. Kurangi produksi sampah plastik dan tekstil dengan cara menggunakannya kembali. Jika sudah waktunya dibuang, pastikan sampah terdaur ulang.

Hemat pemakaian energi

Tanamkan dan terapkan kebiasaan untuk menghemat energi di rumah dan di mana saja. Berbagai macam cara menghemat energi bisa dilakukan seperti dengan mematikan lampu kamar jika tidak dipakai, memakai produk lampu dan elektronik yang hemat listrik, memilih menggunakan kipas angin ketimbang AC jika udara tidak panas sekali. Kamu juga bisa memanfaatkan energi alternatif. Sebagai bentuk dari upaya mengatasi polusi udara, tidak ada salahnya mencoba untuk tidak 100% mengandalkan energi minyak. Ada beberapa sumber energi alternatif yang bisa kamu manfaatkan, misalnya memasak memakai kompor bio gas atau memasang panel surya.

Kurangi aktivitas membakar sampah

Salah satu cara mengurangi polusi udara yang satu ini juga sangat umum dilakukan. Ketimbang kamu harus membakar sampah, terapkan metode daur ulang. Solusi lain untuk menangani sampah adalah dengan belajar bagaimana cara membuat kompos dari sampah dapur kamu. Produksi kompos dari berbagai macam limbah sampah dapur. Kamu bisa belajar membuat kompos dari limbah sampah dapur atau dari daun-daunan. Dengan memproduksi kompos dari sampah akan mengurangi jumlah sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Jika semakin banyak sampah menumpuk di TPA, akan menyebabkan semakin tinggi polusi udara yang dihasilkannya.

Konsep green building

Solusi mengatasi pencemaran udara juga dapat dilakukan dengan menerapkan konsep green building untuk rumah kamu. Bisa dilakukan dengan berbagai hal seperti misalnya, sebisa mungkin pilih cat dengan bahan dasar air, dan rancanglah ventilasi dan sistem tata udara hunian dengan baik, supaya pemakaian AC dapat diminimalisir.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *