Kurangi Sampah Dilingkungan Dengan Beberapa Macam Barang Reusable

GreenClean.id – Salah satu peran penting kita sebagai penghuni bumi adalah menjaganya agar tetap lestari. Aksi kecil dapat memberi dampak besar bagi masa depan bumi kita ini. Sampah adalah salah satu masalah besar yang hanya dapat diselesaikan jika setiap individu mau mengubah kebiasaannya. Menggunakan produk reusable dapat menjadi salah satu solusi dalam mengurangi sampah. Produk reusable merupakan produk yang dapat digunakan secara berulang-ulang. Dengan begitu, kita tidak langsung membuangnya sehingga sampah tidak dihasilkan. Saat ini produk-produk reusable sudah mulai digalakkan, sehingga mudah bagi kita untuk mendapatkannya. Berikut adalah beberapa contoh produk reusable.

Reusable Straw

Modern ini reusable straw sudah menjadi tren baru apalagi dikalangan anak muda. Selain memiliki model yang bervariasi, memakai reusable straw juga bisa menghindarkan kita dari berbagai macam bakteri yang mungkin menempel pada sedotan yang berada di tempat terbuka. Reusable straw saat ini tersedia dalam berbagai bahan, seperti stainless, bambu, hingga kaca. Berbagai kelebihan ditawarkan dari jenisnya.

Kurangi Sampah Dilingkungan Dengan Beberapa Macam Barang Reusable

Sedotan stainless steel

Mempunyai bentuk lurus maupun bengkok di bagian atas. Ukurannya sedikit lebih besar dan tentu saja sangat kuat dan awet karena terbuat dari bahan logam. Sedotan ini bisa dipakai berkali kali karena bahannya bebas BPA atau bahan kimia berbahaya lainnya. Selain itu juga mudah dibersihkan, untuk rekomendasi penggunaannya sebaiknya hanya untuk minuman dingin dan jangan digunakan pada minuman panas.

Sedotan bamboo

Mempunyai bentuk lurus dan bahannya lebih ringan. Sedotan ini juga mudah untuk dibersihkan. Untuk pemakaiannya sedotan ini bisa digunakan di minuman dingin maupun panas. Setelah dipakai segera dibersihkan dan dikeringkan setelah penggunaan

Sedotan kaca

Mempunyai bentuk lurus maupun bengkok di bagian atas. Untuk ukurannya sendiri condong lebih besar, sedotan ini sangat cocok untuk minuman dengan tambahan topping seperti bubble tea. Kaca yang transparan ini membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan bagian dalamnya. Walaupun memang tidak perlu buru buru untuk dibersihkan tapi tetap saja ketika selesai pemakaian tetap harus dibersihkan. Bisa digunakan untuk minuman dingin ataupun panas.

 

Masker Kain

Masker yang menjadi hal wajib karena adanya wabah corona virus. Berbagai macam jenis dan model masker sudah ada di pasaran. Salah satunya adalah masker kain, pemakaian masker jenis ini bisa digunakan secara terus menerus. Kamu hanya perlu mencucinya sehingga lebih mengurangi sampah masker di lingkungan.

Tas Belanja

Kegiatan belanja biasanya akan memakai banyak sekali plastik yang dianggap lebih mudah dan praktis. Akan tetapi sampah plastik bekas tas belanja yang hanya sekali pakai dan menjadi masalah besar mengenai sampah. Karena itulah sudah saatnya untuk mengganti ke kantong belanja reusable, kembali seperti dulu.

Botol minuman

Botol minuman atau sering juga disebut tumblr memiliki banyak manfaat. Selain untuk mengurangi produksi sampah, botol minum juga membantu menjaga kita untuk selalu menjaga kebersihan saat akan meminum sesuatu. Berbagai macam jenis dan model botol minum sudah sangat banyak, sehingga banyak orang mulai tertarik menggunakan botol minum ini.

Reusable Menstrual Pad

Limbah pembalut menjadi salah satu masalah yang masih cukup sulit diatasi. Untuk mengatasi hal tersebut sekarang sudah tersedia pembalut kain yang dapat menjadi solusi. Walaupun memang penggunaan pembalut ini belum begitu populer.

Pada dasarnya tujuan utama dari pemakaian produk reusable adalah memakai atau memanfaatkan suatu produk yang tahan lama dan dapat digunakan secara berulang-ulang sehingga mengurangi produksi sampah.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *