Perbandingan Sapu Ijuk Dengan Sapu Plastik

GreenClean.id – Salah satu alat kebersihan yang wajib dimiliki adalah sapu. Karena sapu dinilai sebagai salah satu alat kebersihan yang paling mudah dan praktis. Mudah untuk membersihkan berbagai macam kotoran seperti debu pada lantai, sarang laba-laba di berbagai sudut rumah dan yang lainnya. Untuk saat ini sendiri sudah banyak bisa dibeli di pasaran, dengan berbagai macam model jenis dan fungsinya masing masing.

Perbandingan Sapu Ijuk dengan Sapu Plastik

Walaupun sudah terjadi kemajuan teknologi yang membuat banyak keluarnya berbagai jenis vacuum cleaner sepagai mesin otomatis penyedot debu, namun tetap saja sapu masih menjadi pilihan utama bagi para Ibu Rumah Tangga. Pemilihan sapu ini bukan tanpa alasan, karena penggunaannya yang praktis disimpan, dan harganya yang murah dengan berbagai macam pilihan model. Dipasaran sendiri ada 2 jenis sapu yang biasa digunakan untuk menyapu lantai yaitu sapu ijuk dan sapu plastik. Kedua sapu ini mempunyai badan dasar yang berbeda, walapun tetap dengan fungsi yang sama. Kedua jenis sapu ini pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, untuk mengetahuinya silahkan simak perbedaannya berikut ini.

Sapu Ijuk

Sapu ijuk merupakan salah satu sapu yang paling sering ditemui di berbagai macam tempat seperti rumag, kantor, apartement sampai tempat umum. Harga yang dirasa murah dan terjangkau membuat sapu ini menjadi pilihan. Sapu ijut sendiri sebenarnya terbuat dari serat pohon aren yang disusun menjadi satu, sehingga efeknya sapu ini tidak bisa dicuci. Sapu ijuk ini mempunyai bentuk yang lebih tebal namun tetap lentur. Disarankan untuk pemakaian Sapu ini sangat cocok untuk membersihkan lantai dalam rumah dengan permukaan rata. Akan tetapi jika sapu ini masih baru, ada yang harus membutuhkan perhatian khusus. Karena sifatnya yang terbuat dari bahan alami dengan panjang serat tambahan membuat sapu ijuk ini akan mengalami kerontokan. Pada saat pertama kali dugunakan, lebih baik untuk bersihkan sapu dari kotoran ijuk yang tidak terpasang dengan baik. Kamu bisa mengibaskannya  hingga semua kotoran ijuk tersebut terlempar keluar. Jika tidak melakukan hal ini, tentu saja ketika kamu menyapu, kotoran ijuk pada sapu akan ikut terlepas dan lantai menjadi lebih kotor.

Sapu Plastik

Sapu ini memiliki bentuk yang sama namun terbuat dari bahan dasar ijuk sintetis. Sapu jenis ini menjadi pilihan bagi Ibu Rumah Tangga yang lebih modern. Masih memiliki fungsi yang sama dengan sapu ijuk, yaitu untuk membersihkan lantai dalam rumah dengan permukaan condong rata. Akan tetapi sapu ini memiliki kelebihan, karena bahan dasarnya dari material plastik tentu saja sapu ini dapat dicuci dan dibersihkan dengan mudah. Tidak usah cemas juga saat ingin menggunakan sapu plastik, helai plastiknya tidak akan rontok seperti sapu ijuk, karena susuan plastik yang tersusun sudah sagat rapi dan terikat kencang. Sapu ini juga mempunyai daya tahan yang lebih lama dibandingkan jenis sapu lainnya. Wlaupun harganya terbilang lebih mahal jika dibandingkan sapu ijuk, namun jangka waktu pemakaiannya lebih panjang.

Dengan mengetahui perbedaan kedua sapu diatas tentu kamu bisa memikirkan fungsi, kebutuhan dan faktor lainnya untuk dapat memilih sapu. Sejatinya semua sapu dibuat untuk membersihkan semua kotoran. Maka dari itulah semua pilihan ada ditanganmu sendiri.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *