Resmi Bergabung Ke MU, Intip Profil Donny Van De Beek

Berita Terbaru Sport Manchester United akhirnya mendapatkan buruan pertamanya di bursa transfer musim panas 2020 ini. Ia adalah Donny Van De Beek yang diboyong dengan harga 39 juta euro dari Ajax. Pemain asal Belanda itu menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dan akan mengenakan nomor punggung 34.

Pemain berusia 23 tahun ini telah menarik perhatian klub-klub besar Eropa dalam dua musim terakhir lewat performa apiknya sebagai gelandang tengah. Di MU ia akan menjalin duet maut bersama Bruno Fernandes dan Paul Pogba. Sebelum melihat aksinya, berikut ini lima fakta menarik Donny Van De Beek yang mungkin belum kamu ketahui, dirangkum dari berbagai sumber yaitu :

 

Resmi Bergabung Ke MU, Intip Profil Donny Van De Beek

 

 

1. Produk asli akademi Ajax Amsterdam
Donny Van De Beek merupakan produk asli akademi Ajax dan mengawali keseluruhan kariernya di sana. Ia bergabung dengan tim akademi pada 2008 saat masih berusia 11 tahun. Setelah tujuh tahun menimba ilmu, ia berhasil masuk tim junior U21 Ajax pada 2015. Tidak butuh waktu lama, setahun kemudian ia sukses menembus tim utama.

Di bawah asuhan Erik ten Hag, Van De Beek bertransformasi menjadi andalan di lini tengah Ajax bersama Frenkie De Jong. Total sang pemain telah tampil dalam 175 laga dengan mencetak 41 gol dan 34 assist. Ia pun turut mempersembahkan satu gelar Eredivisi dan satu Piala Liga.

2. Pemain tengah yang fleksibel
Donny Van De Beek merupakan sosok pemain modern yang bisa ditempatkan di berbagai posisi. Ia mampu tampil sama baiknya sebagai gelandang serang, gelandang tengah ataupun gelandang bertahan. Fleksibilitasnya ini akan sangat bermanfaat bagi Ole Gunnar Solkskjaer lewat formasi andalannya 4-2-3-1 atau 4-3-3.

Ia akan melengkapi duet maut di lini tengah MU yang telah diisi oleh Bruno Fernandes dan Paul Pogba.

3. Mengikuti jejak mantan rekan-rekannya meninggalkan Ajax
Skuat muda Ajax 2018/2019 dianggap sebagai generasi emas baru yang mengejutkan sepak bola Eropa. Mereka berhasil menjuarai Eredivisi dan lolos ke semifinal Liga Champions dengan mengalahkan tim besar seperti Real Madrid dan Juventus. Ironisnya, deretan bintang muda tersebut satu per satu pergi meninggalkan Ajax.

Donny Van De Beek mengikuti jejak mantan rekan-rekannya yang lebih dulu hijrah, diantaranya Frenkie De Jong (Barcelona), Matthijs De Ligt (Juventus), Hakim Ziyech (Chelsea) dan Lasse Schone (Genoa).

4. Pernah sepakat dua kali untuk pindah ke Real Madrid
Sebelum resmi menjadi miliki Manchester United, Donny Van De Beek santer dikabarkan menjadi incaran Real Madrid. Dilansir 90min, El Real bahkan sudah dua kali mencapai kesepakatan dengan sang pemain. Sayangnya kondisi finansial Real Madrid musim lalu tidak memungkinkan untuk mendatangkannya.

Saat itu mereka baru saja mengeluarkan dana besar pembelian Eden Hazard dan Luka Jovic. Di sisi lain, Real Madrid pun gagal melepas beberapa pemainnya seperti Gareth Bale dan James Rodriguez.

5. Kisah mengharukan di balik nomor punggung 34
Di Ajax, Donny Van De Beek mengenakan nomor punggun 6. Namun di klub barunya ia akan menggunakan nomor punggung 34. Terdapat kisah mengharukan di balik itu semua. Alasannya adalah demi menghormati sahabatnya, Nouri Abdelhak, eks pemain Ajax yang baru saja bangun dari koma sejak tiga tahun lalu usai kolaps saat laga persahabatan melawan Werder Bremen.

Keduanya sudah bersahabat sejak di akademi Ajax dan menjadi pemain muda yang paling menjanjikan saat itu. Selain Van De Beek, tribut nomor punggung 34 juga dikenakan oleh Justin Kluivert (AS Roma) pada musim 2018/2019 dan Joel Veltman (Brighton & Albion)

Itulah lima fakta menarik punggawa anyar Manchester United, Donny Van De Beek yang baru didatangkan dari Ajax. Dengan segala potensi yang dimiliki, mampukah dia membangkitkan performa Setan Merah di musim depan?

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *