Pemain-Pemain Timnas Indonesia Negatif COVID-19

Berita Terbaru Sport Dikabarkan jika para pemain Timnas Indonesia dan Timnas U-19 telah selesai menjalankan tes swab kedua. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan pun memastikan bahwa seluruh penggawa yang mengikuti tes tersebut hasilnya negatif COVID-19.

“Alhamdulillah, setelah menjalani tes pertama dan kedua hasilnya mereka semua negatif,” kata pria yang kerap disapa Iwan Bule tersebut dikutip ANTARA, Kamis (30/7/2020).

Namun demikian, PSSI memastikan bakal kembali menggelar tes serupa untuk ketiga kalinya pada Kamis ini. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi risiko penularan virus corona, sebelum pemusatan latihan (TC) yang bakal dipimpin Shin Tae-yong dimulai. Berikut ulasan lengkapnya :

 

Pemain-Pemain Timnas Indonesia Negatif COVID-19

 

 

1. Iwan Bule ingin hasil swab pemain Timnas Indonesia dan Timnas U-19 keluar sebelum latihan perdana dimulai
Mantan Plt Gubernur Jawa Barat itu pun menginginkan hasil dari tes tersebut bisa segera keluar dengan cepat. Maklum, Timnas Indonesia dan Timnas U-9 dijadwalkan bakal menjalankan program latihan pada 1 Agustus mendatang .

“Saya meminta kepada dokter agar hasilnya [swab] bisa keluar tanggal 31 Juli malam, sehingga keesokan harinya para pemain bisa segera melakukan latihan,” ujar Iwab Bule.

2. Rencana latihan perdana Timnas Indonesia dan Timnas U-19 mundur sepekan
Rencana pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia dan Timnas U-19 yang bakal digelar mulai 25 Juli 2020 memang tak bisa berjalan sesuai rencana. Kedua tim, baik itu Timnas Indonesia dan Timnas U-19 baru akan memulai latihan pada 1 Agustus 2020 mendatang sesuai program yang disiapkan Shin Tae-yong.Padahal, sebelumnya para pemain timnas senior dan Timnas U-19 sudah berkumpul di Jakarta sejak Kamis, 23 Juli lalu. Bahkan, sehari setelah kedatangannya, mereka sempat mengikuti rangkaian tes swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR) sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

3. Timnas senior disipakan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020
TC kali ini dilakukan bersama, berbeda seperti beberapa waktu sebelumnya. Maklum, di tengah kondisi ketidakpastian ini, baik timnas senior dan Timnas U-19 harus segera disiapkan guna menghadapi beberapa agenda.

Timnas senior masih dihadapkan pada tiga laga sisa babak kualifikasi Piala Dunia 2022, di antaranya kontra Thailand pada 8 Oktober, Uni Emirat Arab (UEA) lima hari setelahnya, dan ditutup lawatan ke Vietnam pada 12 November 2020.

Selain itu, mereka juga disiapkan untuk mentas di ajang Piala AFF yang rencananya ditabuh mulai November-Desember 2020.

4. Timnas U-19 bersiap hadapi Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021
Agenda yang tak kalah penting juga kini menanti Timnas U-19. Tiga bulan lagi mereka harus berjuang di Piala AFC U-19 yang bakal digelar di Uzbekistan. Lawan yang dihadapi pun tak main-main, karena Garuda Muda berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Setahun berselang, atau tepat pada 2021 nanti, agenda lebih besar menanti Timnas U-19. Jika tak ada aral melintang, Mochamad Iriawan kemungkinan bakal menemani skuat Garuda sebagai manajer di Piala Dunia U-20 yang notabene bakal digelar di rumah sendiri.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *