Pemain Asli Skandinavia Paling Bersinar Di Liga Inggris

Berita Terbaru Olahraga Skandinavia merupakan semenanjung yang terletak di Eropa bagian utara. Wilayah itu terdiri dari negara Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Islandia. Di dunia sepakbola, negara-negara tersebut memang bukan yang terhebat. Tapi mereka pernah menghasilkan pemain-pemain kelas dunia yang bermain di liga-liga top Eropa. Salah satu liga tujuan utama dari pemain-pemain asal Skandinavia adalah Liga Primer Inggris. Maka inilah beberapa pesebakbola Skandinavia terbaik yang pernah bermain di Premier League, antara lain :

 

 

Pemain Asli Skandinavia Paling Bersinar Di Liga Inggris

 

 

1. Ole Gunnar Solskjaer
Pertama ada nama Ole Gunnar Solskjaer, legenda MU yang kini menjadi pelatih klubnya tersebut. Solskjaer berasal dari Norwegia, dan ia menghabiskan 11 tahun kariernya membela Setan Merah. Berposisi sebagai penyerang, Solskjaer memang lebih sering jadi cadangan bagi striker-striker utama MU seperti Andy Cole, Ruud Van Nisterlooy, hingga Wayne Rooney.

Namun bukan berarti ia gak berkontribusi buat MU. Sebagai cadangan, Solskjaer kerap disebut supersub karena kerap tampil tajam saat masuk sebagai pemain pengganti. Laman Transfermarkt mencatat bahwa dari 365 laga yang ia jalani bersama MU di semua ajang, ia mengoleksi 127 gol. Dan jangan lupakan koleksi trofinya yang berjumlah 14 trofi.

2. John Arne Riise
Selain Solskjaer, ada pemain Norwegia lain yang pernah bersinar di Premier League yaitu John Arne Riise. Nama Riise terutama dikenal ketika ia bermain untuk Liverpool selama 7 musim dari 2001 hingga 2008. Bermain sebagai bek kiri, Riise terkenal dengan tembakan kaki kira mautnya yang tak jarang berhasil menembus jala lawan.

Tak heran jika selama di Liverpool, Riise sanggup mengoleksi 31 gol, jumlah yang sangat baik untuk seorang bek. Selain Liverpool, ia juga pernah membela Fulham selama 3 musim. Laman Transfermarkt mencatat bahwa gelar yang berhasil ia raih selama di Inggris berjumlah 8 buah, termasuk trofi Liga Champions 2005.

3. Peter Schmeichel
Pemain yang satu ini juga sangat ternama di kalangan pencinta Premier League, khususnya fans Manchester United. The great dane adalah julukannya, dan ia adalah kiper andalan MU di era 90an, termasuk ketika memenangi treble tahun 1998. Ia juga tercatat sebagai kiper dengan clean sheet terbanyak sepanjang masa di MU, dengan 180 clean sheet di semua ajang.

Selain 8 musim bersama MU, Schmeichel juga merumput di Premier League bersama Aston Villa dan Manchester City, masing-masing semusim. Sehingga secara total, rekor yang ia torehkan di Premier League adalah 310 penampilan dengan 128 clean sheet. Ia juga meraih 15 trofi bersama MU, termasuk 5 gelar Premier League.

4. Fredrik Ljungberg
Sementara fans Arsenal pasti masih ingat nama Fredrik Ljungberg, pria asal Swedia yang jadi salah satu pemain kunci Arsenal di era keemasan mereka di akhir 90an hingga awal 2000an. Ljungberg yang bermain di posisi sayap membela Arsenal selama 9 musim dan telah meraih tak kurang dari 6 trofi bersama klub London Utara itu.

Deretan trofi tersebut mencakup 2 Premier League dan 3 Piala FA. Ljungberg juga pernah meraih gelar individu bergengsi yaitu 2 kali terpilih menjadi pesepakbola terbaik Swedia pada 2002 dan 2006. Kini, ia masih setia berkarier di Arsenal namun dalam posisi berbeda yaitu asisten manager Mikel Arteta.

5. Sami Hyypia
Finlandia memang bukan negara bernama besar di dunia sepakbola, tapi negara tersebut pernah diwakili oleh Sami Hyypia yang sukses bersama Liverpool di Premier League. Hyypia bergabung dengan The Reds pada 1999, dan selama 10 musim berikutnya bek jangkung itu terus dipercaya mengawal lini belakang Liverpool.

Selama berbaju Liverpool, Hyypia bermain sebanyak 464 kali di semua ajang dan mencetak 35 gol. Ia juga sukses merasakan manisnya meraih 13 trofi, termasuk Liga Champions 2005. Saking menonjolnya prestasi Hyypia di antara pemain-pemain Finlandia lain kala itu, ia sampai 10 kali dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik di negerinya!

6. Eidur Gudjohnsen
Bagaimana dengan Islandia? Negara kecil ini memang baru-baru ini saja mulai jadi kekuatan baru di sepakbola Eropa. Tapi sebenarnya dulu pun mereka pernah menghasilkan pesepakbola berkualitas dalam diri Eidur Gudjohnsen. Fans Chelsea pasti tahu striker legendaris klubnya ini, yang membela The Blues pada 2000 hingga 2006.

Dilansir dari Transfermarkt, Gudjohnsen memainkan 262 laga bersama Chelsea dan menyumbang 78 gol serta 32 assist. Ia juga turut membantu Chelsea meraih 5 gelar, termasuk 2 trofi Premier League. Lepas dari Chelsea, Gudjohnsen bahkan mengalami peningkatan karier dan bermain untuk Barcelona selama 3 musim dan mengangkat 5 trofi.

7. Christian Eriksen
Terakhir, ada Christian Eriksen, gelandang kreatif asal Denmark yang baru saja meninggalkan Premier League di awal tahun ini. Eriksen telah bermain untuk Tottenham Hotspur sejak 2013 dengan statistik yang cukup mengagumkan. Dalam 305 laga bersama Spurs di semua ajang, Eriksen mencetak total 69 gol dan 89 assist.

Performa hebatnya itu membuat Eriksen diganjar penghargaan pemain terbaik Denmark selama 3 tahun beruntun yaitu pada 2013 hingga 2015. Ia memang gak berhasil mempersembahkan gelar untuk Spurs, tapi ia turut membantu klubnya itu menjelma jadi salah satu kekuatan baru di Inggris, termasuk 3 kali finis di 3 besar Premier League dan jadi runner-up Liga Champions pada 2019.

Demikianlah pemain Skandinavia terbaik yang pernah merumput di Premier League. Ada yang jadi pemain jagoanmu?

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *